Sunday, November 09, 2014

Cara Melukis dengan Cat Air

Bagaimana melukis dengan media cat air di atas kertas? Berikut ini tahap-tahap yang diberikan oleh Angga Yuniar Santoso dari Mimpinglukis Art Studio, materi khusus melukis tema bunga-bunga dan sayuran vintage. Contoh gambarnya akan saya tambahkan menyusul :)

1. Pertama kali yang perlu diperhatikan dalam melukis menggunakan cat air adalah proses identifikasi. Identifikasi objek sangat penting karena dari proses ini kita bisa tahu bentuk, kebutuhan warna dan bagaimana mengaplikasikan warna berdasarkan gelap dan terangnya. Terutama objek yang akan dilukis adalah bunga-bunga dan sayuran vintage. Identifikasi ini yang menentukan ketelitian kita pada objek, apakah itu bulat, menyudut, kotak dan sebagainya, ada garis atau lobang dibagian mana, sisi gelap atau bayangannya disebelah mana dan seterusnya.

2. Membuat sketsa, beberapa orang menganggap membuat sketsa itu tidak penting dalam proses melukis dengan cat air, tetapi sebagian yang lain menganggap bahwa sketsa itu akan menentukan bagaimana bentuk gambar. Dan tentu saja membantu proses melukis untuk mencapai bentuk yang sempurna. Sketsa bisa menggunakan pensil atau pen. Bila menggunakan pensil, sketsa bisa dihapus setelah lukisan cat air selesai, bila menggunakan pen, garis-garis sketsa bisa menambah sisi artistik lukisan.

3. Mencampur warna. Setelah itu menemukan warna yang sesuai dengan warna-warna objek yang dilukis. Untuk Angga dia hanya butuh warna-warna sekunder seperti merah, kuning, hijau dan biru, bila ingin warna lain, ia akan mencampur warna tersebut. Untuk pemula, meskipun sudah tersedia cat air dalam banyak warna, tapi sebaiknya juga menerapkan metode mencampur warna sendiri, supaya semakin trampil mencampur warna sendiri. Karena ternyata susah lho dapat warna yang sesuai keinginan kita, harus jeli dan menambahkan sedikit demi sedikit warna supaya dapat kombinasi yang pas. Pada workshop ini, Angga memperkenalkan 3 warna utama (warna dasar), sekunder, premier dan tersier. Nah warna terseier biasanya dipakai untuk memberikan efek bayangan (shading).

4. Mengaplikasikan warna step by step. Memberikan warna dasar pada media kertas/layer pertama biasanya dimulai dari karakter warna yang lebih transparan. Tidak perlu menguaskan warna ke seluruh permukaan gambar di dalam sket awal. Warnai bagian-bagian yang gelap dulu. Melukis cat air tidak perlu menggunakan cat berwarna putih (kecuali pada media kertas warna gelap/diperlukan untuk highlight saja). Sisakan bagian-bagian yang berwarna putih pada sisi yang terang.

5. Ada banyak teknik yang dapat diaplikasikan dalam melukis menggunakan cat air, pada kelas workshop yang pertama, kita telah membicarakan teknik aquarelle (teknik dasar dalam cat air yang bersifat transparan) namun pada sesi workshop kali ini kita akan lebih fokus pada aplikasi objek bunga-bunga dan sayuran menggunakan kecenderungan warna vintage (old) >> warna dasar + shade.

6. Nah, biarkan bagian yang di cat kering sempurna terlebih dahulu, baru kemudian dapat ditumpuk dengan warna yang lebih pekat/gelap. Identifikasi kembali  warna yang lain, kita harus mencari lagi warna yang sesuai pada pallet baru dapat diaplikasikan pada kertas.

7. Step berikutnya akan sama, tumpuk lagi bagian gelap dari objek dengan warna yang semakin gelap.
8 teknik melukis dengan cat air yang diajarkan pada workshop ini: wet on wet, dry surface, water on wet paint, wet paint & tissue, wet paint & brush, masking fluid (pakai lilin), plastic wrap (pakai plastik untuk dapat background abstrak) dan dry brush

8. Timeline:
a. Pengenalan teknik cat iar.
b. Menentukan komposisi/rangkaian bingkai bunga mau pun sayuran (melingkat, kotak, segitiga dll).
c. Melukis menggunakan bantuan outline (pensil/drawing pen), untuk memperjelas bentuk objek yang akan dilukis.
d. Melukis menggunakan bantuan outline pensil, kemudian setelah proses pewarnaan selesai, garis bantu dihapus.
e. Melukis negatif menggunakan masking fluid (bisa dengan selotip atau lilin).
f. Menambahkan teks yang unk (typography).
g. Merespon menggunakan teknik tambahan yaitu cutting paper.
h. Framing, pemasangan bingkai. Ready to hang :)

Bisa juga cek step-stepnya disini http://mimpinglukishowtodraw.blogspot.com/2014/03/melukis-buah-naga-water-color-technique.html

Post a Comment