Thursday, January 29, 2015

[CONTOH] Soal Rally Foto





[CONTOH] SOAL RALLY FOTO
‘CLIMATE PIC: Eco Friendly Art Trip’
Minggu, 18 Januari 2015
Rally foto bersepeda, tema “Green Living” sambal mengeksplorasi seni dan budaya.
Mari wujudkan Jogja Hijau Berbudaya


Jenis kegiatannya:
1. Rally foto dengan menggunakan sepeda.
2. Art performance (show, pasar organik, dll).


Tujuan kegiatan:
1. Memperkenalkan pola-pola konsumsi hijau (berkelanjutan) kepada masyarakat.
2. Menggalang komunitas-komunitas di masyarakat, baik formal maupun non formal untuk menjadi penggerak pola konsumsi hijau.
3. Berperan serta membangun dan menjadikan Yogyakarta sekitarnya menjadi kota yang hijau dan berkelanjutan.



Tata cara rally:
1. Kamera yang digunakan untuk rally foto ‘CLIMATE PIC 2015’ adalah hanya digital camera dengan jenis DSLR atau digital compact camera, segala merek yang menggunakan memory card. Tidak diijinkan menggunakan camera handphone dan ipad.
2. Format sekarang juga kartu memori kamera Anda. Hanya ada file hasil rally foto ‘CLIMATE PIC 2015’ di kartu memori Anda saat diserahkan ke panitia. (Sangsi tidak akan dinilai/dijuri/pemecatan).
3. Image file: yang dipergunakan dan diserahkan harus dalam format JPEG tanpa di edit (sangsi diskualifikasi) dan besarnya file foto tidak lebih dari 2 mega pixel tiap foto.
4. Nomer file image harus urut, tidak boleh melompat. (Tidak boleh penghapusan file foto). Yakin obyeknya baru difoto (shoot).
5. File yang diserahkan disimpan dalam media: SD/SDHC/MMC/CF. Selain media tersebut di atas peserta wajib membawa adapter USB/card reader sendiri untuk diserahkan bersamaan dengan penyerahaan memory card/media penyimpanan.
6. Peserta harus memotret sendri dalam menyelesaikan soal-soal rally foto ini (tanpa bantuan orang lain, tanpa kecuali, sangsi pemecatan).


PESERTA RALLY FOTO ‘CLIMATE PIC 2015’:

Peserta rally foto ‘CLIMATE PIC 2015’ adalah mereka yang telah terdaftar, membayar lunas dan mendapatkan nomor peserta, serta mengenakan atribut peserta dan mengenakan nomor peserta.
1. Acara ini terbuka untuk seluruh WNI & pemegang KITAS.
2. Peserta harus mematuhi semua peraturan rally foto sepeda ‘CLIMATE PIC 2015’.
3. Peserta yang berumur kurang dari 16 tahun harus sudah mendaoat ijin dari orang tua atau wali.
4. Panitia ‘CLIMATE PIC 2015’ berhak menggunakan foto-foto peserta dan pemenang rally foto untuk kegiatan promosi dan publikasi tanpa memberikan kompensasi apapun dengan hak cipta foto tetap dipegang oleh pemilik foto.
5. Panitia berhak mendiskualifikasi peserta yang melanggar peraturan lomba foto.
6. Keputusan Dewan Juri adalah mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.
7. Panitia tidak bertanggung jawab atas segala kehilangan (kamera, sepeda atau uang) atau – kerusakan hak milik apapun atau kecelakaan dan cedera pada bagian tubuh mana pun dari peserta yang terjadi selama acara berlangsung.
8. Dengan melakukan pendaftaran di acara ini, peserta menyatakan telah membaca, mengerti, dan setuju dengan segala syarat & ketentuan serta peraturan rally foto ‘CLIMATE PIC 2015’.


CERMATI:
Peserta harus membawa jam yang disamakan waktunya dengan jam panitia. Dengan maksud supaya tepat atur waktu tiba di finish.
Peserta harus mematuhi peraturan lalu-lintas di jalan raya. (Misalnya: jangan menerobos lampu merah).
Parkirlah sepeda di tempat yang ditunjuk panitia, jangan menganggu arus lalu lintas, kehilangan sepeda adalah tanggung jawab Anda sendiri.
Baca dengan cermat & teliti soalnya, baru motret.
Potretlah apa yang diminta soal dengan benar dan sesuai urutan soal.
Menghapus & mengulang akan menghabiskan waktu dengan percuma dan membuat nomor file tidak urut (sangsi diskualifikasi).
Tidak dibutuhkan kamera dengn lensa yang macam-macam, cukup pakai lensa kit / standar lensa yang biasanya dengan titik api sekitar 18 mm – 55 mm saja.


PRIORITAS PENILAIAN PADA RALLY FOTO INI:
A. Ketepatan urutan foto sesuai soal.
B. Jumlah file image harus sesuai dengan permintaan soal.
C. Ketepatan menginterpretasikan tema soal.
D. Ketepatan waktu dari start-finish. (Cocokkan jam Anda dengan jam panitia).
E. Kwalitas foto  tanda bintang (komposisi, momen, ekspresi, keindahan foto dan lain-lain).


PETUNJUK MENGERJAKAN SOAL:
Ada “H” dalam soal artinya format foto PORTRAIT.
Ada “P” dalam soal artinya format foto LANDSCAPE.
Ada "*" berarti hasil foto harus dibuat seindah / sebagus mungkin, karena akan menambah poin penilaian.


NOTASI ARAH DALAM RUTE RALLY FOTO BERSEPEDA:
+
= perempatan

T = pertigaan
^ = balik arah
--> = BKN / belok kanan
<-- belok="" bkr="" comment-----="" kiri="">




WAKTU DAN RUTE RALLY FOTO BERSEPEDA:
Waktu:
Start – Finish +/- 240 menit.
Jarak: 6900 meter. Rute:
Start Sangkring Art Space, Jalan Nitiprayan – ambil arah utara – lanjut <-- b="" di="">T –
lanjut --> di + kedua masuk jalan Ambarbinangun – Hotel Dermaga Keluarga – lanjut saja sampai jumpa Indomaret di ujung jalan. ^ ke Jalan Ambarbinangun lag – jalan terus di + - ambil arah ke SD Muhammadiyah Ambarbinangun – SARANG Art Gallery – lanjut saja sampai ketemu T  dan --> lewati Pokdakan Minawali – Kersan Art Studio – lanjut ikuti jalan utama – ambil --> di T pohon beringin kecil – lewati SDN Nirmala - --> masuk gapura dusun Jeblok kea rah lapangan Bambu (lapangan bulutangkis) – ^ ke jalan semula arah gapura – lanjut jalan utama – ambil --> di T Tugu Keloran – lanjut di + Ringroad, ikuti traffic light – Jalan Madukismo – lanjut --> di samping Gedung Madu Candiya – lanjut lewati SD 1 Padokan – belok kiri tajam setelah jembatan ke arah Gunung Sempu, hati-hati banyak kendaraan dari arah depan, dan jalan agak naik – dan <-- arah="" djoko="" finish.="" ke="" lukis="" maestro="" pekik="" sanggar="" span="" sungai="">



SOAL RALLY SEPEDANYA:
1. Setelah start fotolah diri Anda dengan bantuan teman, supaya file ini punya identitas punya siapa. Nomor pesert Anda harus terlihat dengan jelas, terbaca dan tidak silau. Ambillah separuh badan dengan batas dada keatas dengan format H. Peganglah nomor pesertnya disamping kiri depan kepala Anda, nomor peserta dipegang dengan tangan kiri, tapi awas ibu jari harus tidak terlihat. Tangan kanan pegang botol minuman pemberian panitia dan mulut tersenyum dengan gigi terlihat. 


2. Setelah foto diri dilakukan, marilah kita melanjutan perjalanan ke obyek berikuya dengan naik sepeda. Setlah melewati beberapa perempatan kita akan menjumpai INDOMARET di ujung jalan Ambarbinangun. Masuklah dengan Assalamualikum. Kita cari dan potret jenis kertas RAMAH LINGKUNGAN yang mudah di DAUR ULANG yang bertanda ECO LABEL Indonesia.  Dengan format H, kita rekam gambarnya dengan cara repro copy, sehngga kertas terlihat persegi 4 serta ECO LABEL-nya, bukan jajaran genjang atau trapezium.

3. Kemudian kita cari untuk di foto kemasan lampu yang paling ramah lingkungan dan hemat energy pada saat ini. Keistimewaan lampu ini wattnya kecil tapi terangnya 10 x lipat, maka dikatakan hemat energy. Lampu dijual di tempat pasar modern ini Anda pilih daya yang paling kecil. Buktikan di foto Anda, dengan format sama dengan soal no 2, dengan membentuk sudut 20 derajat dari atas sehingga sisi atas agak terlihat, posisi kemasan agak diagonal ke kiri sehingga sisi kanannya agak terlihat.



4. Kita tinggalkan Indomaret, ke jalan semua untuk mampir ke Hotel Dermaga Keluarga. Minta ijin ke resepsionis untuk memotret lemari es. Ada 3 buah berjejer di dapur, tapi pilihlah yang paling hemat energy, non CFC (jenis gas pendingin yang merusak lingkungan menimbulkan efek rumah kaca). Dan yang menggunakan DIGITAL INVERTER Technology, sehingga sangat hemat energy. Format H dipakai untuk foto ini, potretlah close up, sudut frontal, bukan miring.

5. Oh ya saat kita kepanasan da ruangan panas, kita cenderung menghidupkan AC ruangan, supaya sejuk dengan temperature antara 22-25 derajat Celcius. Suhu tersebut dianjurkan supaya hemat energy, bukan sebaliknya kedinginan. Karena kalau dingin yang sangat, dibawah 22 derajat Celcius akan boros memakai energy membuat tidak ramah lingkungan. Untuk itu dinginkanlah badan Anda sejenak, carilah ruangan yang sejuk dengan AC yang bertemperatur SEJUK diatas. Buktikan dengan foto dan format P, kalau temperature tersebut hemat energy dan sejuk.


6. Dari hotel kita lanjutan perjalanan ke daerah galeri-galeri. Di daerah ini berjamur art gallery, salah satunya adalah “SARANG” para seniman. Di tempat ini bisa bertukar pengalaman dan berpameran di bangunan yang termasuk green building ini. Parkirlah sepeda Anda di tempat yang di tunjuk panitia di selatan obyek). Dikatakan green building karena, plafon yang tinggi, banyak bukaan jendela, ada canopy/atap menjorok keluar bangunan, sehingga panas matahari langsung tidak masuk ruangan, ventilasi dan penyinaran baik karena banyak bukaan jendela dan plafon ruang tinggi, juga struktur dan pemilihan bahan bangunan yang ramah lingkungan, tak lupa penghijauannya supaya udara segar dan nyaman ditempati.


Sekarang mari kita ekspose green building tersebut dengan cara: fotolah bangunan yang menunjukkan green building dengan format H. Fotolah juga interior dengan format H yang menunjukkan hemat energy (terlihat 3 elemen ruangnya); kemudian kita foto juga format H lantai bangunan yang ramah lingkungan tak mutlak menutup tanah. Lanjut kita foto dengan format P pengerasan tanah supaya tak becek tapi tetap mempedulikan peresan air di kala hujan; foto juga dengan format P penghijauan yang paling ASRI; lanjut fotolah format H tanaman produksi Maltoa yang isinya kaya leci tapi rasanya bau duria. Juga tak lupa rekam tanaman produksi obat Dewandaru dengan format H. Wah hampir lupa lagi, sebelum tinggalkan tempat ambillah gambar * costplay performance dengan format P dan background yang apik.


7. Kita lanjut mampir ke ‘KERSAN ART STUDIO’ yang kita sulap menjadi pasar organik. Kita akan belanja dengan kamera. Satu macam sayuran hijau organik dengan format H; satu macam buah organik dengan format P; dan yang senang ngopi silakan beli kopi local non sachet dengan format P; yang ini tidak mau dibeli tapi fotolah format H green cooking (cooky) sedang memasak; dan tidak ketinggalan foto * dengan format P PACALIK (Pasar Organik Cilik). (Kelas human interest).


8. Kita lanjut ke lapangan bamboo untuk merekam format P kegiatan Bank Sampah yang sedang memilah-milah sampah organik dan daur ulang. Sampah daur ulang bisa menghasilkan uang tabungan dan membersihkan rumah dan lingkungan Anda, apakah di lingkungan Anda sudah ada Bank Sampah?

9. Kita lanjut ke Kantor Kecamatan Kasihan untuk melihat kegiatan sepeda BMX yang energinya Nasi Pecel. Kita akan merekam 2x dengan format H kemudian P. Atraksi yang paling top action loh * (jangan yang biasa-biasa saja).


10. Kita lanjut masuk kearah sanggar maestro lukis Djoko Pekik. Tapi kita mampir dahulu ke sungai setelah bangunan abu-abu, untuk memotret 2 peri sungai yang sedang muncul. Hati-hati jalan setapak menurun, jangan sampai jatuh, tidak ada asuransi! Masing-masing 1x, foto full body, yang pertama dengan format H dengan latar belakang arah utara dan kedua * dengan format P, lengkap dengan latar belakang lingkungan sungainya arah selatan. 

Setelah dikerjain peri-peri, kita mentas dari sungai, lanjut mencari teman perjalanan kita yang setia, bernama Tejo. Dia adalah pahlawan ‘CLIMATE PIC’ yang iri pingin difoto format P * dengan actionnya separuh badan saja. Tapi logonya kelihatan ya, angel dari samping kiri kita. Kita lanjut ke FINISH rally foto bersepeda. Serahkan memori card ke panitia untuk di upload. INGAT UNTUK TIDAK MELAKUKAN EDITING di LAPTOP atau KAMERA. Sangsi pemecatan.


Post a Comment