Thursday, January 16, 2020

Foto 4 Dimensi


Waktu saya hamil (tahun 2010), foto maternity belum menjadi trend. Saat itu yang menjadi impian ibu-ibu hamil adalah foto 4 dimensi. Foto 4 dimensi ini bisa melihat lebih detail wajah dan kondisi bayi dalam kandungan. Sebaiknya dilakukan sekitar kehamilan usia 6-7 bulan. Waktu itu, untuk bisa mendapatkan foto 4 dimensi cuma bisa di RS Grhasia, Pakem, Jl Kaliurang. Cukup jauh dari tempat saya tinggal. Sekitar 1 jam berkendaraan sampai 1,5 jam - kalau macet. Sementara itu, kalau mau foto disana harus antri jauh hari dan untung-untungan. Tidak bisa antri melalui telpon atau online seperti sekarang. Langsung datang dan ambil antrian - kalau masih ada slot. Karena foto 4 dimensi disana dibatasi tiap harinya, hanya untuk berapa pasien (saya lupa tepatnya berapa). Biayanya juga mungkin tidak seterjangkau sekarang. Intinya, untuk melakukan foto 4 dimensi pada saat saya hamil waktu itu, selain tidak mudah aksesnya juga tidak murah biayanya. 

RS Ghrasia ini juga bukan rumah sakit khusus Ibu dan Anak, atau rumah sakit bersalin. Rumah sakit ini justru lebih dikenal sebagai rumah sakit khusus menangani orang yang sakit jiwa hehe. Tapi justru mereka yang memiliki fasilitas alat foto 4 dimensi ini saat itu.

Lalu, hari itu, saya meniatkan diri untuk bisa dapat foto 4 dimensi anak yang saya kandung. Sebagai dokumentasi dan sejarah tentunya. Diantar suami dan adik ipar, pagi-pagi kami menuju ke Rumah Sakit yang konon kabarnya cuma satu satunya yang baru punya alat foto 4 dimensi itu. Sebelumnya memang saya nelpon rumah sakit untuk mendapatkan info prosedur dan biayanya. Dan beruntung sekali, hari itu kami mendapatkan antrian, bisa langsung foto. Senangnya.... sudah penasaran sekali seperti apa wajah anak dalam perut itu. Waktu itu usia kandungan saya sudah hampir 8 bulan. 

Menurut staf rumah sakit, ruang untuk memotret sudah penuh. Maksudnya ruang bayi di dalam rahim. Sehingga agak kesulitan mendapatkan posisi yang bagus. Namun demikian pun, kami bisa melakukannya, terlihat wajah, tangan kanan dan kiri, jenis kelamin juga kaki kecilnya. Dikasih video pendek rekaman pergerakan bayi dalam kandungan juga. Fasilitas bagus dan menyenangkan. Aduuuhhh senang sekali tentunya, pulang dari rumah sakit dengan senyum-senyum bahagia, ngga sabar tunggu bayi segera keluar dari perut :) 


No comments: