Monday, June 18, 2007

Rekomendasi #4

Saya, Suwarno Wisetrotomo, kritikus seni rupa dan dosen di Fakultas Seni Rupa dan Program Pascasarjana Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta, bertempat tinggal di: Jalan Bangau 577B, RT/RW 13 / 26, Wonocatur, Banguntapan, Yogyakarta 55198 Indonesia (email: sangkrit@yahoo.com), menulis Surat Rekomendasi untuk Saudara Nunuk Ambarwati (dokumentator seni visual; perancang/manajer program kesenian/seni rupa), alamat: Jalan Gamelan Kidul 22 Yogyakarta, Indonesia (email: qnansha@yahoo.com).
Saya mengenal Nunuk Ambarwati (selanjutnya ditulis Nunuk), lebih dari sepuluh (10) tahun yang lalu, melalui berbagai aktifitas kesenian – khususnya seni rupa – di Yogyakarta, Indonesia. Nunuk banyak terlibat aktif dalam berbagai kegiatan seni rupa, baik sebagai dokumentator, publikasi kegiatan, mau pun sebagai perancang dan pelaksana program. Saya semakin mengenal dan banyak berkomunikasi ketika Nunuk bekerja penuh pada Yayasan Seni Cemeti (Cemeti Art Foundation), sebagai dokumentator dan pengarsipan seni visual, serta ikut mengerjakan SURAT YSC yakni media publikasi Yayasan Seni Cemeti. Diantara pekerjaan itu, Nunuk masih bisa membagi waktu dengan terlibat pada beberapa proyek seni rupa, antara lain Biennale Seni Rupa Yogyakarta. Kemudian saya tahu, Nunuk akhirnya menjabat sebagai Manajer Program di Jogja Gallery, sebuah galeri baru di Yogyakarta.
Karier profesinya itu menunjukkan bahwa Nunuk seorang yang serius dan professional dalam bidang yang diminatinya, yakni sebagai perancang dan manajer (pengelola) program pada sebuah institusi kesenian/kebudayaan. Di samping itu, luasnya pergaulan, serta pengalamannya mendokumentasi berbagai kegiatan kesenian/seni rupa, pasti akan sangat menunjang dalam mengelola suatu program,. Manajer program merupakan salah satu pemegang kunci hidup atau matinya kegiatan yang menarik dan bermutu pada institusi kebudayan/kesenian. Sementara kita tahu, posisi manajer program itulah yang justru mengalami krisis, atau dengan kata lain, masih terlalu sedikit yang professional. Nunuk, dalam pengamatan saya, dan sejauh yang saya ketahui, berada di jalur yang tepat dan sungguh-sungguh ia pahami, sekaligus dapat mengisi celah kekosongan ikhwal manajer program yang professional.
Aktivitas dan partisipasinya dalam berbagai peristiwa dan berbagai skala, menunjukkan bahwa Nunuk adalah seorang yang tahu persis tentang apa yang akan dikerjakan, juga tahu manfaat pekerjaan itu bagi masyarakat luas, khususnya bagi dunia kesenian/seni rupa.
Atas potensi, kesungguhan, dan pengalamannya dalam berpartisipasi di berbagai peristiwa kesenian (seni rupa), saya yakin, Nunuk Ambarwati dapat melakukan program-program yang diagendakan oleh Pengelola Program Magang Internasional periode 2007-2008 – Yayasan Kelola Jakarta, bekerjasama dengan Asialink, Centre, Australia, Asian Cultural Council, dan United States of America. Dengan kata lain, Nunuk Ambarwati merupakan kandidat yang pantas dipertimbangkan untuk diterima dalam Program Magang Internasional tersebut. Saya berharap, catatan dalam rekomendasi saya ini, dapat membantu pemahaman siapa saja tentang sosok dan profesi Nunuk Ambarwati, dan pada akhirnya dapat membantu dalam membuat keputusan yang tepat baginya.
Salam,
Yang membuat rekomendasi

Suwarno Wisetrotomo
Post a Comment