Monday, April 13, 2020

Apa Menariknya Tarot (buat saya)?

Sejak Agustus 2018, ketika saya mengikuti workshop membaca tarot, sejak saat itu juga saya mulai selibat dengan dunia tarot. Hari ke hari, selalu memegang kartu tarot, entah membaca diri sendiri, membaca orang lain, membuat artikel atau foto, merapikan deretan kartu (refresh/recharging kartu), dll. Apa sih menariknya tarot buat saya?

Visual
Secara visual kartu-kartu tarot memang artsy – memiliki nilai seni sangat menarik. Seni visual memang sudah saya geluti sejak dua dekade karir hidup saya (sejak tahun 1999, saya sudah berkecimpung di dunia seni rupa). Maka tak butuh waktu lama untuk bisa klik dengan deretan deck kartu tarot. Membaca visual hampir setiap waktu saya lakukan sesuai profesi saya sebagai kurator atau manajer pameran seni rupa.

Visual pada kartu tarot aliran klasik, Raider Waite Smith Tarot hingga kartu tarot produksi terkini sungguh menggoda untuk mengoleksi kartu-kartu bagus itu. Banyak variasi aliran, ukuran, visual, harga dan sejarahnya. Coba deh tanyakan pada para tarot reader, berapa jumlah kartu koleksi mereka? Mengapa mereka addict untuk mengoleksi? Buat apa punya kartu tarot banyak-banyak? Bahkan seorang teman pernah tanya kepada saya, “Kan Nunuk sudah punya kartu (tarot), kenapa kok beli lagi, beli lagi?”. Ah yang namanya suka, memang seperti “racun” kan, inginnya punya lagi, punya lagi. Sampai sampai saya harus ngerem keinginan untuk beli lagi beli lagi hehe. Bahkan ada seseorang yang bukan tarot reader saja, punya keinginan untuk mengoleksi kartu-kartu itu. Sebegitu menariknya! Seperti halnya kolektor lukisan, dia bisa dengan kecintaannya mencari, mendapatkan, atau membeli karya seni yang dia sukai. Demikian halnya kolektor kartu tarot.

Tantangan
Kedua, karena seru sekali! Pada tarot ada banyak aspek ilmu yang bisa dipelajari dan berkaitan. Ada astrologi (dunia perbintangan/zodiak), psikologi (visual, warna, simbol), karakter, numerologi, shio, fengshui dll. Semua hal ini saling berkaitan dan bisa didapatkan pada tarot. Membuat teka teki kehidupan menjadi komprehensif terbaca. Membuat saya terus belajar dan belajar. Dan itu kadang membuat surprise sendiri ketika saya berhasil membaca suatu persoalan klien. Ini tentunya memberi energi atau semangat baru dalam kehidupan saya. Dan lebih penting, menjadi semacam tantangan buat saya dari waktu ke waktu (kebetulan saya orangnya suka tantangan). Misalnya, sudah bisa mempelajari A, selanjutnya belajar B, lanjut mempelajari C agar kapasitas saya sebagai tarot reader semakin meningkat kan.

Profesi
Ketiga, jelas ini menjadi profesi terbaru saya di usia yang menginjak kepala empat ini. Dari dunia tarot ini saya bisa membantu banyak orang. Kalau pun tingkat akurasi pembacaan kartu saya mungkin hanya 80% mendekati kebenaran (toh saya juga bukan Tuhan kan), setidaknya saya sudah bisa memberikan cara pandang berbeda dari masalah dia. Atau saya sudah bisa memberi semangat sebagai teman bicara klien. Selain bisa membantu orang lain, tentu saja saya bisa mendapatkan pendapatan dari sini. Membuat saya hidup, hidup yang sebenarnya ya haha. Sebagai sebuah profesi maka saya menaruh harapan dan cinta pada profesi ini.

Demikianlah, setidaknya ada 3 poin dimana tarot sangat menarik dalam kehidupan saya. Siapa tahu ke depannya tambah lagi poinnya :) Mau ikutan komentar, sharing, berbagi pengalamanmu tentang tarot? Silakan tinggalkan komentarmu ya. Terima kasih.

No comments: