Sunday, September 28, 2014

Kolase ala Cecil

Scrapbooking is a method for preserving personal and family history in the form of a scrapbook. Typical memorabilia include photographs, printed media, and artwork. Scrapbook albums are often decorated and frequently contain extensive journaling. Scrapbooking is a widely practiced pastime in the United States. (sumber http://en.wikipedia.org/wiki/Scrapbooking).

Scrapbook secara sederhana dapat didefinisikan sebagai sebuah album foto yang didekorasi sehingga album foto tersebut terlihat lebih menarik. Scrapbook dapat berisi memorabilia sebagai hiasannya (tiket, surat, dsb). Biasanya setiap layout scrapbook memiliki tema khusus (liburan, wisuda, ulang tahun, anniversary, dsb). Scrapbook dapat berupa: album, frame, kartu, exploding box dan sebagainya tergantung kreasi sang scrapbooker. (sumber http://www.lievelicious.com/)



Scrapbook memang seperti sebuah halaman kosong, kemudian diisi kolase berupa lapisan-lapisan hingga 3 dimensinya kentara. Berisi tempelan kliping, gambar, foto dan lainnya sesuai tema yang ingin dibentuk. Scrapbook biasanya berisi kenangan tentang seseorang, mulai dari masa kecil, kenangan tentang kekasih, peringatan tertentu atau tema keluarga. Scrapbook memang cocok untuk hadiah ulang tahun, koleksi pribadi hingga pendamping mahar pernikahan.

Mungkin karena memang suka dengan karya kertas, karya-karya dari Lievielicious dengan media scrapbook ini menarik perhatian saya. Lievelicoius berbasis di Yogyakarta. Digagas oleh Cecilia Widyasari (kelahiran 5 Juli 1984) dipanggil Cecil, lulusan sarjana Ekonomi, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta. Cecil mengaku mulai menekuni scrapbook ini sejak 3 tahun yang lalu (2011). Berawal dari suka, hobi dan akhirnya berkembang hingga kini. Dan mungkin, baru ada Cecil satu-satunya scrapbooker yang menekuninya secara professional dan menjadi mata pencaharian utama baginya. Cecil memang belum memiliki outlet secara fisik, selama 3 tahun terakhir Cecil rajin mengikuti pameran atau bazaar dan menggelar kreasinya secara online di beberapa media sosial. Sehingga customer dari berbagai daerah bisa memesan melalui media sosial tersebut. Respon customer sangat bagus bahkan meningkat dari tahun ke tahun. Ia juga memberikan fasilitas free ongkos kirim untuk pesanan di Pulau Jawa.

Membuat scrapbook bagi Cecil seperti halnya melukis. Bila melukis, kita pasti membuat latar belakangnya dulu, baru menggambar content atau isian lainnya. Saat awal ia mencoba membuat scrapbook, ia kerjakan satu karya scrapbook dalam waktu 1 minggu. Saat itu ia masih bingung bagaimana menempatkan desain layout rancangannya ke media scrapbook yang berlapis-lapis. Kini, ia semakin trampil dan sudah mengetahui teknis pengerjaan scrapbook. Dan sekarang dalam 1 hari ia bisa merampungkan 15 karya scrapbook, wow!

Scrapbook yang dibuat Cecil utamanya ada 2 macam, yakni scrapbook frame (pigura) dan scrapbook album. Meskipun Cecil juga menyediakan layanan lain seperti kartu atau exploding box. Scrapbook frame dalam satu bidang saja, satu pigura menceritakan satu tema tertentu. Kalau scrapbook album, kita bisa melihat halaman demi halaman satu topik cerita. Setiap jenis scrapbook yang dibuat Lievelicious merupakan desain satu-satunya (custom order), jadi apabila Anda memesan, desain tersebut eksklusif  hanya Anda yang memiliki. Perihal harga, Cecil mengaku, ia mematok harga cukup murah dibandingkan scrapbooker lainnya di kota besar seperti Jakarta, Surabaya atau Bandung. Mulai harga Rp 100ribu, Anda sudah bisa mendapatkan scrapbook menarik dengan desain seperti yang Anda inginkan.

Buat Anda yang ingin melihat bagaimana scrapbook itu sebenarnya, bisa melihat pamerannya di Tirana House & KidsHouse, Jl Suryodiningratan 53-55 Yogyakarta, digelar 1-25 Oktober 2014. Dalam pamerannya ini Lievelicious akan mempresentasikan kurang lebih 30 karya scrapbook. Sifatnya cash and carry. Jadi kalau Anda suka, bisa langsung dibeli dan dibawa pulang saat itu juga. Lievelicious atau Cecil akan membagi pamerannya dalam 2 tema, yakni tema dewasa dan anak-anak (baby & kids), rata-rata berukuran 50 x 60 cm. Ia juga akan memajang satu karya berukuran besar sebagai pusat perhatian atau boleh dibilang masterpiece-nya. 

Cecil ternyata mau berbagi ilmu juga nih, waktu itu saya tantang untuk memamerkan scrapbooknya tanpa frame, Cecil oke saja.Sehingga kita bisa melihat tiap lapisan yang ditempel. Cecil juga akan berbagi ilmu dengan membuka kelas workshop membuat scrapbook dasar di minggu ketiga, November 2014 di Tirana House. Untuk workshop ini Cecil merekomendasikan Anda untuk menggunakan media kertas secara keseluruhan. Jadi media yang ditempel berbahan kertas. Karena bila ingin menempelkan media lainnya seperti ranting, daun kering, bulu atau biji-bijian, lemnya berbeda, pengerjaannya dan teknisnya pun berbeda. Maka workshop ini nanti akan dipelajari untuk hal-hal dan materi dasar dulu.

Dalam scrapbook, hal dasar selain menempel juga menggunting. Cara menggunting material sangat diperhatikan oleh Cecil. “Biasanya orang sudah bosan duluan dengan menggunting, sudah capek”, kata Cecil. Teknik menggunting memang butuh ketelatenan dan kontinyu. Jadi menggunting mengikuti pola, tanpa berhenti atau patah-patah, sehingga hasil guntingannya rapi dan halus seperti kita menjahit atau membuat garis lurus tanpa berhenti. Nah tentunya butuh latihan kalau ingin hasil yang sempurna ya :)


Sepertinya Lievelicious ya Cecil, Cecil ya Lievelicious. Memang bila kita amati, para crafter atau orang-orang yang bekerja di dunia kreatif dan berskala home industri (home made), mereka lebih puas mengerjakannya sendiri. Lebih nikmat dan memiliki standar mutu sendiri. Sehingga Cecil pun hingga kini hampir mengerjakannya semua sendiri. Kecuali menggunting, ia sekarang sudah memiliki staf yang membantu. Mulai dari ide, membuat layout, menggunting, menempel dan finishing touch, Cecil mengaku lebih mantap ia lakukan sendiri.

Nah tertarik? Info lebih lengkap silakan hubungi:
Tirana House & KidsHouse
Jl Suryodiningratan 53-55 Yogyakarta 55141
Ph 0274 411615 atau email tiranayogya@gmail.com
PIN 21197ECB
IG & twitter @TIRANAHOUSE
www.facebook.com/TIRANAHOUSE


Lievelicious
PIN 7DB815F5
SMS 0812 299 299 72
www.lievelicious.com
www.facebook.com/Lievelicious
twitter @lievelicious

Harian Jogja | Selasa Wage, 7 Oktober 2014 | halaman Pagelaran/8

Koran Sindo | Kamis, 9 Oktober 2014 | halaman 9-10

Tribun Jogja | Kamis, 2 Oktober 2014 | halaman 13-14





Post a Comment