Sunday, September 21, 2014

CUPUWATU: Destinasi Kuliner Unik



CUPUWATU: Destinasi Kuliner Unik

Mencoba menggarap strategi marketing unik dan sangat ‘menggoda’ di dunia kuliner; sebuah resto di Kompleks Grand Cupuwatu, Jl Solo KM 11,8, Kalasan, Yogyakarta menyapa pecinta kuliner Yogyakarta dengan varian menu beragam mengolah khusus unggas asal Perancis yang dikenal dengan Franch Quail. Simak saja tagline yang mereka usung berikut ini; ‘Hmm… Manuk Londo memang BESAR dan TAHAN LAMA lezatnya!!!’ Aduh…dengan tagline seperti itu, apa sih yang kita pikirkan? Kata ‘besar’ dan ‘tahan lama’ memakai huruf kapital. Manuk Londo? Hmm…apalagi itu? Kesannya menggelitik sekali ya. Setuju? Simak perjalanan kuliner khas Yogyakarta yang satu ini, mungkin cita rasanya mampu memasukan daftarnya di database makanan favoritmu.

Tagline itu memang sudah lama terngiang-ngiang di kepala saya. Dan ternyata siang tadi, di hari Minggu yang cukup terik, saya berkesempatan bertandang ke Cupuwatu Resto. Di pinggir jalan utama yang menghubungkan Jogja-Solo, tepatnya di kilometer 11,8, restoran bernuasa Jawa modern ini hadir di Yogyakarta. Nuansa Jawanya cukup kental didukung dengan lokasi yang strategis, berdekatan dengan Bandara Internasional Adisucipto dan candi-candi warisan nenek moyang, Kalasan dan Prambanan. Teriknya cuaca yang tadi sempat saya rasakan selama di perjalanan, luluh perlahan saat memasuki sejuknya restorandi Yogyakarta ini.


www.cupuwaturesto.com


Setelah cek menu yang ditawarkan, yang notabene menu andalan Cupuwatu; hmm…ada 8 varian menu yang sebaiknya memang patut dicoba. Oh ternyata, unggas asal Perancis, Franch Quail tersebut diadopsi penyebutannya menjadi Manuk Londo, disingkat menjadi Malon oleh restoran ini. Ya memang manuk (burung) asal Londo (luar negeri). Unik juga ya. Kreatifitas proses adopsi yang dilakukan Cupuwatu tidak berhenti pada proses penamaan saja, mereka juga mengadopsi menjadi olahan kuliner khas Jogjakarta. Cek saja menu tawaran mereka seperti Malon BBQ, Malon ala Peking, Malon Bumbu Kuning, Malon Bakar Klaten, Malon Halilintar, Mie Malon, Gudeg Malon dan Gudeg Kendil Malon. Meskipun bahan utama makanannya dari luar negeri, Cupuwatu tetap mengembalikannya ke cita rasa lokal. Diadaptasikan ke lidah pecinta kulinerJogja. Dan meskipun berbahan impor, harga tiap menunya sangat realistis, terjangkau berkisar Rp 27.000 sampai dengan Rp 110.000,- saja. Dari banyak pilihan menu yang ditawarkan, karena sedang melakukan program diet, pilihan daging yang dibakar sepertinya tidak banyak menimbun kalori. Oke…pilihannya jatuh ke Malon Bakar Klaten saja dan ditemani es teler khasnya Cupuwatu pastinya cocok untuk menu makan siang hari ini.




Sambil menunggu menu pilihan datang, membaca brosur tentang Malon di meja makan restoran, bikin makin mantap atas pilihan menu saya. Berdasar informasi brosur tersebut, nilai protein Malon ternyata lebih tinggi dari bebek dan kandungan kolesterol Malon lebih rendah dari bebek. Nah cocok deh! Tidak perlu khawatir urusan kolesterol. Sambil menanti menu pesanan datang, browsing dan chatting seperti menjadi hal yang wajib di saat menunggu. Cupuwatu tentu tak melewatkan fasilitas WIFI buat pelanggannya. Menunggu menjadi tak membosankan. Yup…dan saatnya menikmati salah satu menu andalan Cupuwatu. Saat mengambil daging Malon dengan garpu, hmm lembut dagingnya. Enak dan empuk, tidak perlu susah untuk mengirisnya. Makin mantap dengan sambal dan lalapan yang melengkapi. Mantap dan pedasnya sambal jadi lumer dengan sruputan es teler khas Cupuwatu, hmm segar dan dingin.



Siang ini rasanya sedikit bersalah karena menikmati makan siang sendiri, jadi agenda selanjutnya harus ajak keluarga kecil saya menikmati sensasi kuliner baru di resto Cupuwatu. Terutama buat Abel, si kecil yang aktif, pasti akan sangat menikmati suasana berbeda di resto yang juga menyediakan menu bergizi dan tempat yang cocok untuk anak-anak. Diakhiri dengan secangkir kopi sebagai dessert saya kali ini, saya putuskan untuk membawa pulang menu Malon Kuning dengan sambal bawangnya menggoda buat dicicip orang rumah yang sudah menanti. Bon appetit… :)



#kulinerjogja
#kulinerkhasyogyakarta
#restorandiyogyakarta
#cupuwaturesto

CUPUWATU RESTO
Komplek Grand Cupuwatu
Jl. Solo Km. 11,8 Kalasan, Yogyakarta

0274 446 92 61 / 446 92 62
Buka setiap hari 10.00 - 22.00 WIB
www.cupuwaturesto.com


Post a Comment