Sunday, September 21, 2014

2 Kompetisi di 2 Minggu Terakhir

Sabtu (13/914), seminggu lalu; saya menjadi bagian dari penyelenggaraan kompetisi menulis blog oleh SCP (Sustainable Consumption & Production) Switch Asia bekerjasama dengan Kompas, Yogya. Event digelar di Jogja Digital Valley, Sagan. Antusiasme peserta sangat tinggi, sampai kami harus menolak peserta yang mencoba mendaftar on the spot. Kuota penyelenggara 75 peserta dan hari itu kami mengecewakan kurang lebih 50 orang karena harus menolaknya.

Jenis kompetisi ini memudahkan pesertanya karena sifatnya diberikan pembekalan materi dan dikerjakan di rumah, lalu dikumpulkan bila sudah selesai dengan cara mengupload ke situs resmi yang ditunjuk panitia. Sehingga ada kesempatan riset, pendalaman materi, mengolah tulisan dan sebagainya dan seterusnya. Materi yang diberikan tentang bagaimana menulis cerdas, pemateri Pepih Nugraha. Dan satu materi khusu tentang topik penulisan, yakni perihal SCP, disampaikan oleh Edzard Ruehe. Kompetisi ini menarik kontribusi Rp 20.000,-/peserta. Karena saya bagian dari panitia penyelenggara, tentu saya tidak boleh mengikuti kompetisi ini. Padahal ingin sekali ikut, tapi masih lumayanlah bisa mengikuti workshop penulisan yang disampaikan Pepih Nugraha, yang dikenal sebagai 'Bapak Blogger Indonesia'.

Nah, tanpa sengaja dan sungguh tak terduga, seminggu kemudian, Minggu (21/9/14), saya dapat kesempatan mengikuti kompetisi menulis di blog yang diselenggarakan Cupuwatu Resto. Langsung tanpa pikir panjang, ikutan! Wow, suasananya sungguh berbeda. Peserta duduk tertata di meja yang disiapkan khusus, berjajar, semua memegang laptop atau gadget, juga kamera untuk mendukung penulisan. Disediakan fasilitas free WIFI dan perpanjangan kabel yang cukup oleh penyelenggara. Peserta tidak ditarik biaya kontribusi alias gratis. Peserta juga mendapat hidangan yang mereka pilih masing-masing sesuai selera. Ya, dapat test food gratis (aseeekkk...) karena memang topik tulisan yang diminta mengenai makanan yang menjadi menu andalan resto tersebut.

Peserta juga diwajibkan langsung menulis reviewnya saat itu juga, minimal 500 kata disertai foto mendukung, hastag atau keyword yang disarankan dan mention yang diwajibkan. Kompetisi dimulai dengan keterangan tentang menu makanan dari PR Resto Cupuwatu, dilanjutkan makan dan minum menu pilihan dan menulis review di blog masing-masing. Dimulai sekitar pukul 11.45 siang hingga berakhir kira-kira pukul 16.00 WIB. Jadi harus menulis dalam waktu singkat, kurang lebih 2 jam saja. Jelas, berbeda teknis penyelenggaraan kompetisi dari contoh 2 kasus yang saya utarakan diatas. Sensasinya juga berbeda. Ketika kita biasa menulis di ruang kerja pribadi dan ketika harus menulis di tengah kerumunan banyak orang, hiruk pikuk celotehan MC atau musik yang bervolume tinggi. 

Dua pengalaman yang sungguh berbeda di dua minggu terakhir. Seru dan menyenangkan.Bertemu teman baru, komunitas baru dan tentu saja menulis :)

#blog #writing #competition #menulis #scp #kompetisi 

Post a Comment