Monday, March 05, 2018

Kopi Borobudur

Minggu Pagi, Sunrise time, 4.3.2018 
Inilah cerita pagi & seteguk kopi
Pagi menjelang sunrise, kami sudah di Punthuk Setumbu. Punthuk Setumbu memang dikenal sebagai wisata nirwana sunrise. Sudah banyak rombongan "sunrise hunter" di atas, seakan berebut view paling mantap. Karena pada view tertentu akan terlihat barisan bukit mengitari Candi Borobudur, kemudian kami akan menanti detik-detik munculnya matahari di belakangnya. Pemandangan seperti ini sangat berarti dan "mahal" bagi wisatawan asing yang negaranya jarang melihat matahari. Katanya, semalam hujan deras dan cukup lama, maka kabut putih tebal melingkupi sekitaran bukit. Jadwal sunrise kurang lebih pk 05.25, tapi pagi tadi kami belum beruntung melihat matahari terbit karena awan masih tebal sisa hujan semalam. Kami melihat kabut tebal menyelimuti perbukitan dengan sejuknya, fenomena ini disebut "tsunami" (serasa berada diatas awan). Mooi...

Usai menanti sunrise, kami diajak mencicipi kopi Borobudur. Ada event Edukasi Kopi disana. Kopi lokal yang disajikan kali ini berjenis Robusta. Disajikan oleh anak-anak muda "relawan" yang nyantrik dari proses penanaman kopi hingga penyajian. Kopi Borobudur rasanya earthy saat diteguk dalam kondisi panas. Rekomendasi nya dinikmati saat agak dingin, rasa nya lebih enak. Kami membawa oleh-oleh kopi bean Borobudur, bila ingin mencicipi bisa singgah ke Tirana Art House & Kitchen untuk cupping bareng.
Meski Kopi Borobudur belum mendunia, tapi jangan salah soal rasa pasti tidak ada duanya. Kopi Borobudur bisa ditemui di Kampung Kopi Borobudur, Dusun Kerug Batur Desa Majaksingi. Kawasan ini memiliki tanaman kopi sekitar 15.000 batang pohon dengan varietas Arabica dan Robusta. Begitulah teks dalam brosur promosi kopi Borobudur. Menurut Pak Ismoyo (petani kopi), pohon kopi disana sudah berusia puluhan tahun (hmm....). Dusun Majaksingi tak jauh dari kawasan wisata Candi Borobudur, Magelang.
Terimakasih Dands Khudhori untuk perkenalan dengan Kopi Borobudur pagi ini. Kita lanjutkan trip berikutnya ya. Semoga rejeki dan kesempatan, berpihak pada kita. Can't wait :)




Anis Negara (organizer): Acara ini diselenggarakan oleh wisata alam Punthuk Setumbu bekerja sama dengan beberapa kedai kopi & juga penikmat kopi hitam tanpa gula. Tapi disini kita akan tetap menyediakan gula kok hehehe. Dan di acara ini baik pengunjung maupun warga bisa belajar bagaimana mengenali kopi dan juga bagaimana caranya membuat kopi yang baik dan benar. Disamping itu di acara ini juga akan mengangkat potensi kopi di Magelang khususnya kopi Menoreh.Kontak Kopi Borobudur, Bapak Ismoyo 0852-9188-4166



Post a Comment