Monday, October 05, 2015

Release Tukik

Minggu pagi ini (4/10/2015) pukul 7 pagi Abel sudah harus bersiap. Abel dapat kesempatan yang cihui banget. Bersama teman-teman di sekolah TK nya, Abel ikutan aksi pelepasan tukik (anak penyu) di Pantai Pelangi, bersebelahan dengan Pantai Depok, Bantul, Yogyakarta. 

Sebelum memulai pelepasan tukik, kami diberikan penjelasan cara melepas penyu, seperti: tidak boleh memegang bagian bawahnya, posisi dilepas kepala tukik menghadap ke daratan supaya memori dia akan daratan mengembalikan dia kembali saat hendak bertelur (bila dia betina). Kami tidak boleh melewati garis batas saat tukik sudah berjalan menuju laut supaya memperlancar tukik itu sendiri menuju laut lepas. Bila ingin mendokumentasikan saat tukik menuju laut lepas, sangat dianjurkan posisi kita dibelakang si tukik. Karena bila tukik kecil terjebak cekungan bekas injakan kaki kita di pasir, tukik sulit untuk keluar dari situ. Tukik yang tadi kami lepas baru berumur 1 minggu, matanya aja sepertinya belum melek :) So sweet...lihatnya kasihan. Semoga selamat sampai lautan dan tumbuh besar.

Tidak setiap minggu ada pelepasan tukik, tapi buat teman-teman yang ingin ikutan aksi seru ini, bisa kok hubungi Mas Ferri (koordinator) 081227828999 untuk cek jadwalnya. Ada kontribusi yang harus dibayar per orang/tukik. Kontribusi ini untuk mendukung aksi konservasi penyu itu sendiri. Dan setelah ikutan aksi ini, bakal dapat sertifikat juga lho :) Seru! 

CC: @relawanbanyu @penyubantul

Beberapa banner ini dipasang di area sekitar pesisir pantai menuju lokasi penangkaran penyu di Pantai Pelangi, Bantul, Yogyakarta. 


 





Tukik (anak penyu) di penangkaran yang akan dilepas.

Tukik (anak penyu) yang sudah agak besar di penangkaran.

Abel dengan tukik yang akan dilepas.

Tukik yang akan dilepas ditaruh di dalam batok sebagai media transisi, supaya tidak tersentuh langsung dengan tangan manusia. Sehingga tukik juga tidak terlalu banyak bersentuhan dengan manusia.

Rombongan #GenerasiPenyelamatPenyu hari Minggu pagi :)

Tukik siap dilepas, para pelepas tukik tidak boleh melewati garis batas yang sudah ditentukan.

Jarak pelepasan tukik waktu itu sekitar 300m dari bibir pantai. Biasanya tukik tukik ini malah lebih jauh lagi harus berjalan menuju pantai. Karena si induk penyu biasanya bertelur di pasang tertinggi di pesisir pantai.


Setelah selesai pelepasan, tiap orang mendapatkan sertifikat sebagai kenang-kenangan :)


Post a Comment