Tuesday, October 07, 2014

Cake Lovers







Saat itu saya sedang cari roti gandum karena sedang program diet. Agak susah kan dapat roti gandum yang sebenarnya dan enak pula. Nah, harus ke toko rotinya orang Eropa nih kalau pengen dapat roti gandum yang sesungguhnya. Lalu teringat sebuah toko roti tak jauh dari tempat tinggal. Langsung cuzz menuju kesana.

Sesampainya disana, wow... tempatnya 'lucu' abis. Tampak nyaman, dan memang kok bener, nyaman. Bau kue-kuenya sungguh sedap menggugah selera. Karena sejak jam 4 dini hari, mereka sudah membuat aneka cake di tempat itu. Ada cake, roti, pastry yang dijual juga menggoda mata untuk segera melahapnya. Saat singgah kesana, seperti di Eropa aja ambience-nya.

Sebagai penggemar cake harus cobain tempat nongkrong asik ini. Tempatnya sih imut banget. Sekitar 4 x 3 meter. Mengusung tagline 'money can't buy love, but it can buy bread!' Clean, simple dan chic! Via Via Artisan Bakery, tepatnya di Jalan Menukan, Karangkajen, Yogyakarta (persis di depan Hotel Jogja Village Inn). Bagi sebagian orang, pasti tak asing dengan nama ini. Via Via Artisan Bakery memang cabang dari Via Via Bakery dan Restoran di Jalan Prawirotaman. Di tempat ini mereka memproduksi cake langsung. Lalu disetor ke Via Via Bakery di Prawirotaman. Jadi kalau pengen dapat cake fresh from the oven nya langsung ke Via Via Artisan Bakery yang di Jalan Menukan. Tapi mereka tutup pukul 17.30 WIB, buka sejak pukul 07.00 pagi. Kalau ingin menikmati cake atau dessert agak larut, nah pilihannya ke Via Via Bakery Prawirotaman, tutup pukul 23.00 WIB. Kenapa tutup sore? Salah seorang karyawan bilang karena mereka sudah membuat semua jenis roti/cake/pastry sejak pukul 04.00 dini hari :)

Terdisplay aneka cake buatan sendiri seperti bread fruits cake, cheese cake topping almond, apple pie, neekle cocho pie, strawberry blondie, brown bread, ada cake glutten free juga, aneka selai dan cookies. Mereka juga menjual produk yang asalnya dari kebun organik di Mangunan, Imogiri. Toko roti ini mengklaim bahwa produk-produk yang mereka hasilkan selalu sehat dan lezat, menggunakan bahan-bahan alami, teknik fermentasi lama dan kuno, dan tidak ada tambahan atau pengawet. Nah cocok sekali untuk para green consumer.

Selain bisa dibawa pulang kue yang kita beli, mereka juga menyediakan 3 table supaya kita bisa menikmati kue-kue di tempat itu dengan berbagai minuman panas atau dingin. Harganya bisa dapat cake mulai Rp 5000,-/potong hingga Rp 25.000,-/potong. Mulai pukul 4 sore sampai waktunya tutup, mereka memberikan diskon 20% untuk roti-roti tertentu (nggak semuanya lho ya hehehe).

Sore itu, ketika akhirnya mendapatkan roti gandum (brown bread) yang telah didiskon 20%; si kecil Abel memilih Banana Almond Cake untuk dimakan di tempat ditemani minuman lemon ice. Kalau cake nya nggak dapat diskon :) Cake pilihan Abel enak banget lho. Abel langsung cemil-cemil kacang almond yang menjadi topping cakenya. Rasa pisangnya lumer di mulut, cakenya pun lembut. Lebih enak disajikan agak dingin, sedap. Kami berdua menghabiskan sore yang sejuk sambil cerita tentang apa saja. Tersedia jaringan WIFI nya juga. Sepotong cake itu saja cukup membuat perut nyaman, tidak terlalu kenyang. Cocok untuk dinikmati saat sore hari, jeda makan siang ke makan malam. Comfort banget...


Banana Almond cake

Abel dengan cake pilihannya :)

Nah Sahabat...kalau pengen mampir ke toko roti ini, ingat-ingat bawa shopping bag sendiri ya. Karena mereka hanya menyediakan tas kertas atau boks kecil untuk membawa cakenya. Dan tidak disediakan kantong plastik. Memang sebaiknya demikian ya, sebagai green consumer, kita biasakan membawa shopping bag sendiri yuk :)
 
* Pastry merupakan seksi yang terdapat dalam organisasi  food & beverages product  yang khusus menangani/membuat kue, cake, cookies, patries, chocolate, pudding dan aneka dessert lainnya.
Di dalamnya terdapat sub seksi yaitu bakery yang khusus membuat berbagai macam roti (bread). (sumber: http://chefcelebrity.wordpress.com/2012/05/13/pengertian-dasar-pastry-bakery/).


Via Via Artisan Bakery
Jalan Menukan, Karangkajen, Yogyakarta
Buka pukul 07.00 - 17.30 WIB

Post a Comment