Saturday, March 14, 2009

Z.z..z... Photography



Pameran tunggal fotografi
‘Z.Z..Z…PHOTOGRAPHY’

Karya Soeprapto Soedjono
Jogja Gallery, Yogyakarta | 21 Maret – 5 April 2009
Pembukaan hari Sabtu, 21 Maret 2009, pkl 19.00 WIB
Pameran akan dibuka oleh Arbain Rambey [fotografer senior SKH Kompas]
Genre karya-karya fotografi ‘human interest’ biasanya menampilkan subjek dengan berbagai aspek tentang manusia dalam beragam aktifitas kehidupan sehari-harinya. Baik itu yang menyangkut kegiatan yang dilakukannya secara sadar sebagai manifestasi sikap, gerak-gerik, dan tingkah lakunya untuk tujuan tertentu maupun yang merefleksikan hal-hal yang dilakukan sebagai kegiatan yang tidak disadari atau ‘ketidaksengajaan’. Namun tidak semua yang terekam oleh kamera karena bersubjek manusia selalu dapat dikategorikan sebagai karya foto ‘human interest’. Hanya yang memiliki nilai ‘interest’ sajalah yang layak dapat dikategorikan sebagai karya foto dalam genre tersebut.
Hal ini juga mendukung pernyataan bahwa ‘manusia suka melihat manusia’ sehingga apapun yang menampilkan manusia dalam berbagai kehidupannya selalu akan menarik untuk dilihat dan diamati karena sebetulnya ‘ia sedang mengamati dirinya juga’. Apalagi bila yang dilihatnya tadi memiliki daya tarik yang unik dan tidak biasanya, ataupun juga karena sering terlihat disekitarnya sebagai sesuatu yang ‘given’ dan setelah ditampilkan kembali dalam lingkup konteks yang berbeda maka tampilannya menjadi lebih ‘appealing’.
Salah satu dari banyak karya foto yang dapat disebut dalam genre tersebut adalah yang menampilkan manusia sedang tidur, namun menampilkan manusia sedang tidur pada saat yang bukan waktunya tidur. Yaitu pada waktu dia sedang melakukan pekerjaan rutinnya dan sempat terlelap sambil berada di tempat yang bukan semestinya untuk tidur. Mereka terekam ‘sedang tidur’ dengan sikapnya yang apa adanya sebagai suatu tampilan ‘snapshot’ tanpa ada upaya rekayasa dan dengan sikap gesture yang alami. Di sinilah daya tarik atau nilai ‘appeal’ dari karya-karya foto tersebut yang menampilkan subjeknya secara alami apa adanya dengan lingkup konteks ‘human interest’. Itulah mengapa tampilan karya-karya foto manusia yang sedang tidur dengan sikap yang berbagai tersebut diberi tajuk “Z.z..z… PHOTOGRAPHY.
Informasi dan kontak selanjutnya:
Jogja Gallery [JG]
Jalan Pekapalan No 7, Alun-alun Utara Yogyakarta
Tel. +62 274 419999, 412021
Tel/fax +62 274 412023
email jogjagallery@yahoo.co.id | info@jogja-gallery.com
http://jogja-gallery.com


Post a Comment