Wednesday, March 25, 2009

up:DATE 2009

PERS RELEASE
up:DATE 2009
ACARA : up:DATE 2009, HONF Europe tour 2009
TANGGAL : 1 April – 8 Mei 2009
PERUPA : HONF artist
1. Venzha
2. Irene ‘Ira’ Agrivina
3. Tommy Surya
4. Jullian ‘Togar’ Abraham
5. Andreas Siagian
Up:DATE merupakan sebuah proyek seni yang diprakarsai oleh HONF , the house of natural fiber, Yogyakarta Media Art Laboratory. Dalam rangka kiprah 10 tahun HONF berdiri dan berkarya di bidang new media art, HONF membuat serangkaian program dan acara baik scara lokal maupun internasional.
HONF sendiri sebuah bentuk lembaga non profit yang bekerja dengan berbasis komunitas. Pada awal didirikan pada tahun 1999, HONF memulai mencoba menggabungkan seni dan teknologi, yang disebut juga sebagai new media art.
Setelah malang melintang, keberadaannya diterima dengan baik, secara lokal maupun internasional. HONF telah mengikuti beberapa festival bergengsi yang diadakan di seluruh dunia, sedangkan HONF sendiri juga memiliki dua buah festival yang bertaraf Internasional yang diadakan secara berkala setiap tahunnya di Indonesia.
Pada tahun 2009 HONF menerima berbagai undangan dan dukungan untuk melakukan serangkaian festival dan kegiatan di sejumlah negara. Dan HONF juga akan melakukan serangkaian kegiatan yang tercakup dalam CELLSBUTTON #3 Yogyakarta International Media Art Festival yang akan diikuti sejumlah artis berskala internasional.
Up:DATE sendiri adalah sebuah proyek yang merupakan perpanjangan dari Education Focus Program ( EFP), yaitu sebuah program yang dicanangkan oleh HONF sebagai program utama untuk menyikapi situasi yang terjadi di Indonesia sebagai salah satu negara berkembang. Tujuan utama dari EFP adalah untuk membangun sebuah pola pikir moderen akan masa depan teknologi yang berbasis pada kegunaan, kebutuhan dan pengetahuan. EFP melewati berbagai batasan, strata ataupun golongan untuk mendapatkan hasil yang maksimal di bidang pengetahuan, dengan latar belakang berbagai macam lintas disipliner.
Selaras dengan EFP maka proyek up:DATE ini mengambil moto dan pepatah dari Kerajaan Majapahit untuk diteruskan pada masa kini :
up:DATE obyektif adalah untuk memperkuat kolaborasi antara institusi independen. Mengacu pada hal ini, kolaborasi yang kuat dalam praktisi edukasi di bidang New Media Art antara Eropa dan Asia, Indonesia pada khususnya akan dapat diraih dan memperkaya perkembangan jaringan kerja dalam bidang New Media Art.
Pertukaran pengetahuan dan budaya yang mendasari kerjasama ini sebagai satu komunitas antar seniman di up:DATE, akan membuat sebuah pemahaman yang saling menguntungkan dan perasaan saling memiliki, baik antar personal maupun tingkat institusi.

HONF akan terlibat dan memprakarsai sejumlah kegiatan di beberapa institusi dan festival, yaitu :
  1. Pixelache Festival of Electronic Arts and Subculture – Helsinki (Finland)
Pixel Ache merupakan sebuah festival berskala Internasional .Disini HONF akan melakukan sejumlah performance dan pameran sound instalasi
  1. HONF-Son:da / Slovenia Universities Tour – Maribor, Lljuabna (Slovenia)
HONF bersama sama dengan Son:da akan melakukan workshop dan presentasi pada beberapa universitas
  1. HONF – Avmotional – Bucharest (Romania)
HONF akan melakukan residesi dan open studio, serta melakukan workshop dan performance, dimana warga Romania dapat melakukan interaksi secara langsung terhadap karya dan perupa HONF
  1. HONF – Kitchen BudapestBudapest (Hungary)
HONF akan melakukan artist talk, presentasi dan research selama kunjungan di Budapest yang akan dilakukan di Kitchen Budapest.
  1. Enter Festival - Ciant – Prague ( Czech Republic)
HONF akan melakukan presentasi dan performance selama mengikuti festival ini. Enter Festival adalah salah satu festival bergengsi di Eropa.
  1. HONF-Upgrade Paris – Paris ( France)
Di Paris HONF akan menjadi salah satu pembicara pada acara diskusi yang diadakan oleh Upgrade Paris. Upgrade adalah sebuah open platform yang keberadaannya tersebar di beberapa negara.
  1. HONF – Fablab Amsterdam –Amsterdam ( Netherland)
HONF akan melakukan research dan workshop bekerjasama dengan Fablab Amsterdam. Research ini akan mencoba untuk membuat sebuah inovasi pada kaki palsu, yang nantinya akan diterapkan di YAKKUM rehabilitation centre Yogyakarta.
Untuk kali ini HONF mendapat dukungan dan support dari ASEF Asean Europe Fondation, British Council dan Slovenian Ministry of Culture.
Para perupa yang terlibat pada proyek up:Date ini akan berkolaborasi dengan beberapa perupa dari masing – masing negara yang dituju untuk memaksimalkan kerja kolaborasi dan lebih membuka hubungan mutualisme di masa mendatang.
Adapun perupa-perupa yang terlibat dari HONF adalah :
  1. Venzha, sound dan installation artist, salah satu founder dari HONF .
  2. Irene Agrivina, Artist and independent curator, salah satu fonder dari HONF
  3. Tommy Surya, Video Artist, salah satu founder dari HONF
  4. Jullian’Togar’ Abraham, Artist and Media Activist
  5. Andreas Siagian, Artist dan Environment Activist
Demikian pers release kami,, semoga program ini dapat berkelanjutan dan berjalan dengan baik. Diharapkan proyek ini dapat membawa hasil yang berguna bagi kemajuan bangsa dan negara Indonesia, dan menempatkan bangsa kita pada kedudukan yang terhormat di mata dunia. Kami mengucapkan terimakasih atas dukungan dan kerjasama rekan –rekan pers dan wartawan.
Untuk keterangan lebih lanjut dapat menghubungi saudara/I
  1. Tommy Surya R.
    +62 818469445

    timotius.one@gmail.com
  1. Irene Agrivina
    +62 81915561921

    agrivine@yahoo.com
Untuk keterangan lebih lanjut dapat mengunjungi situs kami
http://www.natural-fiber.com/
Salam
HONF the house of natural fiber

Yogyakarta
Media Art Laboratory
Jl. Wora-wari no A6/80
Baciro Yogyakarta


Post a Comment