Tuesday, February 06, 2007

Eksisten di tengah Sekaten

Pameran Seni Lukis: EKSISTEN
Jogja Gallery, Yogyakarta, 27 Februari – 25 Maret 2007
Kurator Jogja Gallery: Mikke Susanto
Exhibition Advisor: Heri Pemad

Pameran ini diselenggarakan sebagai respon atas pasar malam sekaligus agenda tahunan Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat: SEKATEN. Dalam pameran ini perupa diharapkan dapat memberi sumbangan kreatif berupa karya-karya yang memiliki tema untuk mengingat kembali keberadaan dan sejarah kota Yogyakarta. Hal ini menarik dilakukan agar publik merasakan kembali bagaimana kota Yogyakarta yang telah berusia 250 tahun ini berjalan.

Meski pun pameran ini pada dasarnya mendukung gebyar pasar malam SEKATEN, tetapi juga menyimpan tujuan yang sangat berarti yaitu memberi rangsangan untuk mengingat berbagai kejadian dan situasi yang telah, sedang dan mungkin akan terjadi di Yogyakarta. Gambaran-gambaran tentang berbagai aktifitas (yang menjadi perhatian banyak orang Yogyakarta), polemik (tentang berbagai kebijakan dan kejadian kota), atau ruang-ruang publik Yogyakarta dapat dikaitkan dengan isi dan tema karya yang akan dipamerkan dalam pameran ini. Ada pun secara konsep teknis dan visual, pameran ini membuka peluang terhadap berbagai gaya, pendekatan visual mau pun aliran pemikiran.


Sumber materi atau subjectmatter yang dapat diusung dalam pameran ini misalnya:
Ruang-ruang publik yang menarik seperti Kantor Pos Besar, Tamansari, Kraton Malioboro, Pasar Sapi, Jembatan Kali Code, Tugu, pemandangan alam dan ruang rekreasi keluarga seperti pantai dan aktifitasnya, dan sebagainya.
Orang-orang yang menjadi perhatian dan penting dalam sejarah dan perkembangan Yogyakarta.
Aktivitas-aktivitas yang dinilai eksotis dan menjadi daya tarik bagi visual.
Kisah, cerita, legenda atau berita yang mengetengahkan kelengkapan perkembangan di sektor kebudayaan, politik mau pun dalam seni rupa sendiri dan di sektor lainnya yang telah memberi warna dalam perkembangan kota.

Daftar calon peserta pameran:
Andy Wahono – Anggar Prasetyo – Agus Triyanto BR – Aji Yudalaga – Anang Asmara – Bambang Heras – David Armi Putra – Dedy Maryadi – Denny ‘Snod’ Susanto – Didik Nurhadi – Dyan Anggraini Hutomo – Erizal As – Galam Zulkifli – Hadi Soesanto – Hamdan – Herly Gaya – I Gusti Ngurah Udiantara – I Nyoman Darya – Iwan Sri Hartoko – Julnaidi MS – Kusmanto – Luddy Astaghis – M Andi Dwi – Nanang Warsito – Nasirun – Nico Siswanto – Niko Ricardi – Oskar Matano – Ridwan – Robby Fathoni – Saepul Bachri – Samsul Arifin – Setyo Priyo Nugroho – Stefan Buana – Slamet Suneo Santoso – Sito Pati – Syahrizal Pahlevi – Yayat Surya – Wara Anindyah – Warsitho

Jogja Gallery [JG]Jalan Pekapalan No 7, Alun-alun Utara Yogyakarta
Telepon +62 274 419999, 412021, 412023, 7161188
Fax +62 274 412023
Email jogjagallery@yahoo.co.id, info@jogja-gallery.com
www.jogja-gallery.com
Post a Comment