Saturday, January 06, 2007

Artcare Indonesia


PRESENTASI KARYA-KARYA DONASI SENIMAN ARTCARE INDONESIA

Sabtu, 13 Januari 2007
Pukul 15.00 wib – selesai
Soboman 219, Ngestiharjo, Kasihan, Bantul, Jogjakarta

Art Care adalah sebuah proyek kepedulian sosial dan kemanusiaan yang digagas lewat kemampuan seni rupa. Kegiatan ini ditujukan untuk membantu mereka yang tertimpa bencana, keterbatasan berkembang, atau berada dalam bentuk kesulitan lainnya di muka bumi ini. Banyak sekali bentuk bencana yang terjadi di bumi ini, baik itu bencana alam seperti Tsunami yang baru-baru ini terjadi di belahan benua Asia, gempa bumi yang meluluh lantakkan tidak hanya terjadi di Jogjakarta tapi juga sebagian wilayah di Jawa Tengah, serta bencana banjir yang terjadi setiap musim hujan tiba. Permasalahan sosial di negara seperti Indonesia tidak saja bersumber pada bencana alam, tetapi juga berupa lemahnya proses pendidikan dasar sebuah bangsa yang bermuara pada bencana moral dan spiritual yang tidak kalah besarnya. Untuk itu, Artcare juga memberikan perhatian yang lebih pada pembangunan infra struktur pendidikan dasar.

Artcare merupakan jaringan seniman trans-nasional, yang telah menunjukkan daya tariknya di Austria, Switzerland, Jerman dan telah berjalan dengan baik di Liechtenstein. Sebagai kegiatan perdana, Artcare Liechtenstein meyelenggarakan acara pengumpulan dana dengan menjual paket edisi karya seni lukis yang berisi 11 buah karya di Liechtenstein. Keseluruhan dana yang terkumpul didistribusikan oleh Artcare Indonesia kepada masyarakat yang tertimpa bencana gempa bumi di wilayah Daerah Istimewa Jogjakarta dan Jawa Tengah beberapa bulan yang lalu.

Pengumpulan donasi dilakukan dengan cara masing-masing seniman menyumbangkan 10 buah karya dengan ukuran 20 x 15 cm. Cara ini merupakan bentuk komitmen seniman dalam menyatakan kesediaannya pada proyek kepedulian tersebut. Karya-karya tersebut akan dirangkum dalam bentuk edisi dengan jumlah tertentu dan dicairkan pada siapa saja yang berminat untuk dipergunakan sebagai dana awal taktis kegiatan. Pola seperti ini akan dilakukan pada Artcare di setiap negara.

Artcare Indonesia telah mulai berkiprah dengan launching pertamanya pada tanggal 9 Juli 2006 di Kamar Seni yang dikelola oleh Antena Projects, di Kalasan, Yogyakarta. Acara tersebut berupa presentasi dan peresmian lembaga Artcare Indonesia, yang dihadiri oleh para pelaku dan pecinta seni di Jogjakarta antara lain Fauzie As'ad (Perwakilan Artcare Liechtenstein), Entang Wiharso (seniman dan pemilik Antena Projects), Dyan Anggraini (Kepala Taman Budaya D.I.J), Dr. M. Dwi Marianto (Direktur Paska Sarjana ISI Jogjakarta) serta Suwarno Wisetrotomo (Dosen ISI Jogjakarta, penulis serta kurator seni), dan beberapa seniman lainnya.

Acara "Presentasi Karya Donasi Seniman Artcare Indonesia" ini akan memajang karya-karya seniman-seniman dari Yogyakarta dan sekitarnya, dan sekaligus media untuk presentasi program-program yang telah dan akan dilakukan Artcare Indonesia. Acara ini terbuka untuk siapa saja yang mempunyai keperdulian sosial dan kemanusiaan sekaligus mempunyai citarasa seni.

Contact Person:
Heri Pemad +628121561659


ART CARE INDONESIA
LATAR BELAKANG
Art Care adalah sebuah proyek kepedulian sosial dan kemanusiaan yang digagas lewat kemampuan seni rupa. Kegiatan ini ditujukan untuk membantu saudara-saudara kita yang tertimpa bencana, keterbatasan berkembang, atau berada dalam bentuk kesulitan lainnya di muka bumi ini. Banyak sekali bentuk bencana yang terjadi di bumi ini, baik itu bencana alam seperti Tsunami yang baru-baru ini terjadi di belahan benua Asia, gempa bumi yang meluluh lantakkan tidak hanya terjadi di Jogjakarta tapi juga sebagian wilayah di Jawa Tengah, serta bencana banjir yang terjadi setiap musim hujan tiba. Permasalahan sosial di negara seperti Indonesia tidak saja bersumber pada bencana alam, tetapi juga berupa lemahnya proses pendidikan dasar sebuah bangsa yang bermuara pada bencana moral dan spiritual yang tidak kalah besarnya. Untuk itu, Artcare juga memberikan perhatian yang lebih pada pembangunan infra struktur pendidikan dasar.

POLA PENGGALANGAN DANA
Art Care digagas sebagai bentuk kepedulian seniman lewat produk seni rupa sebagai alat picu utama untuk menggalang kekuatan materiil guna mengawali kegiatan-kegiatan yang bersifat sosial dan kemanusiaan selanjutnya. Pengumpulan donasi dilakukan dengan cara masing-masing seniman diharapkan bisa menyumbangkan 10 buah karya dengan ukuran 20 x 15 cm. Cara ini merupakan bentuk komitmen seniman dalam menyatakan kesediaannya pada proyek kepedulian tersebut. Karya-karya tersebut akan dirangkum dalam bentuk edisi dengan jumlah tertentu dan dicairkan pada siapa saja yang berminat untuk dipergunakan sebagai dana awal taktis kegiatan. Pola seperti ini akan dilakukan pada Artcare di setiap negara.

Art Care merupakan sebuah badan kegiatan seni rupa bersifat karitatif yang dikembangkan baik dalam skala regional, nasional, maupun internasional. Badan ini telah menunjukkan daya tariknya di Austria, Switzerland, Jerman dan telah berjalan dengan baik di Liechtenstein. Sebagai kegiatan perdana, Artcare Liechtenstein meyelenggarakan acara pengumpulan dana dengan menjual paket edisi karya seni lukis yang berisi 11 buah karya di Liechtenstein. Keseluruhan dana yang terkumpul didistribusikan oleh Artcare Indonesia kepada masyarakat yang tertimpa bencana gempa bumi di wilayah Daerah Istimewa Jogjakarta dan Jawa Tengah.

KEGIATAN ARTCARE INDONESIA
Artcare mendokumentasikan setiap kegiatannya dan memberikan laporan secara kontinyu melalui website kami di www.artcare-liechtenstein.org Semua bentuk donasi baik dari seniman maupun pecinta seni, akan kami laporkan kepada masyarakat melalui media tersebut. Website tersebut juga akan melaporkan pendsitribusian bantuan kepada masyarakat.

Artcare Indonesia telah mulai berkiprah dengan launching pertamanya pada tanggal 9 Juli 2006 di Kamar Seni yang dikelola oleh Antena Projects, di Kalasan, Yogyakarta. Acara tersebut berupa presentasi dan peresmian lembaga Artcare Indonesia, yang dihadiri oleh para pelaku dan pecinta seni di Jogjakarta antara lain Fauzie As'ad (Perwakilan Artcare Liechtenstein), Entang Wiharso (seniman dan pemilik Antena Projects), Dyan Anggraini (Kepala Taman Budaya D.I.J), Dr. M. Dwi Marianto (Direktur Paska Sarjana ISI Jogjakarta) serta Suwarno Wisetrotomo (Dosen ISI Jogjakarta, penulis serta kurator seni), dan beberapa seniman lainnya.

Artcare Indonesia yang dipimpin oleh sdr. Heri Pemad telah mengawali kegiatannya di Indonesia dengan mengadakan pendistribusian dana bantuan hasil dari acara pengumpulan dana yang diselenggarakan oleh Artcare Liechtenstein di Liechtenstein pada bulan Juni 2006.

Pada tanggal 13 Januari 2007, Artcare Indonesia akan mengadakan presentasi karya-karya seniman Indonesia yang telah didonasikan melalui Artcare. Acara tersebut sekaligus sebagai media untuk mengkomunikasikan program-program yang telah dan akan dilakukan oleh Artcare Internasional, kepada para seniman, donatur, maupun para calon donatur di Indonesia. Bertempat di Kantor Artcare Indonesia, di Jalan Soboman nomer 219, Ngestiharjo, Kasihan, Bantul, Yogyakarta, karya-karya tersebut akan dipajang dan siap untuk dicairkan dalam bentuk dana. Acara dimulai pada pukul 15.00 dengan memajang karya-karya untuk dipresentasikan.
Post a Comment