Tuesday, April 26, 2016

Designer Corner @TiranaHouse Kotabaru

DESIGNER CORNER @TiranaHouse Kotabaru
Judul Koleksi: Nyonyah Pitut Erickson
Koleksi Spring-Summer 2016 by BTSY (Betsy Swastikowati)
Konsep: Pakaian siap pakai (ready to wear)
Untuk Designer Corner di Tirana House: Branded Stocklot Boutique
Jl Abu Bakar Ali No 22 Kotabaru Yogyakarta



Designer Corner @TiranaHouse Kotabaru
Mulai April 2016, outlet Tirana House di Jalan Abu Bakar Ali 22 Kotabaru Yogyakarta membuka ruang apresiasi untuk desainer lokal Indonesia. Tirana House menyediakan ruang khusus bernama “Designer Corner” untuk mendisplay desain karya terbaik para desainer berbakat. Tirana House tentunya melakukan kurasi untuk Designer Corner ini dimana karya harus memiliki karakter kuat, kualitas bagus dan hanya bisa dijumpai di Tirana House. Tujuan dibukanya ruang ini untuk mengakomodasi kreatifitas desainer yang potensial dan menstimulasi tren-tren fashion baru.

Karya desainer asal kota Solo, Jawa Tengah; Betsy Swastikowati dengan label ‘BTSY’ mengawali perjumpaan Sahabat Tirana di Designer Corner. Koleksi yang dikemas dalam tajuk ‘Nyonyah Pitut Erickson’ sangat pas dan hangat serta modern.

Inspirasi
Terinspirasi oleh seorang kerabat, Tante dari Betsy bernama Pitut, yang menikah dengan seorang warga negara Amerika dan kemudian menetap disana. Beliau adalah sosok yang dihormati dan dikagumi oleh Betsy. Beliau sangat mencintai kebudayaan Indonesia meskipun saat ini beliau hidup dalam kultur yang berbeda setelah menetap di Amerika. Setiap liburan musim panas beliau selalu pulang ke Solo bersama suaminya. Tante Pitut sangat menyukai batik terutama motif-motif tradisional. Setiap kepulangannya ke Solo, beliau selalu berburu batik. Betsy selalu mendapati tantenya berbusana stylist dan chic, yang menginspirasi Betsy dalam karyanya kali ini. Dalam setiap perjalanan liburan, beliau selalu mengejutkan Betsy dengan gaya berpakaiannya. Salah satu gaya berpakaian yang menjadi favorit Betsy adalah beach wear ala Tante Pitut. Terkesan seksi, chic, glamour dan sangat stunning! Seri koleksi Betsy kali ini didedikasikan untuk beliau dan merupakan satu interpretasi gaya seorang Nyonya Pitut Erickson, chic, seksi dan sophisticated spring-summer vacation wear dengan sentuhan motif batik tradisi, yakni kawung.



Proses Kreatif
Bisa dikatakan, motif kawung adalah salah satu motif tradisional Jawa yang “di-international-kan”. Motif yang satu ini sudah tidak jarang ditemukan dalam berbagai desain terapan. Dan oleh karena itu sangat sesuai dengan tema resort dan fusion yg dibawakan Betsy bawa dalam koleksi SS2016 (Spring-Summer 2016) ini. Menyasar Middle up class women, usia awal 20 tahun hingga 45 tahun sebagai target, ada 15 desain dalam seri “Nyonya Pitut Erickson” yang saat ini terus menerus diproduksi ulang sesuai dengan pesanan klien dan kebutuhan stock.

Spesialisasi BTSY adalah printed motif fabrics ready to wear outfit. Proses kreatif diawali dengan proses pembuatan desain motif kain, pembuatan desain outfit, pemilihan jenis kain disesuaikan dengan desain outfit, pencetakan desain motif pada kain, pembuatan pola outfit, dan pembuatan outfit. Bahan putfit yang digunakan bervariasi, seperti chiffon, satin silk, satin velvet, silk, soft doll fabric dan canvas linen. Semua pemilihan kain berdasarkan desain potongan outfit, misalnya harus jatuh flowy atau kaku.

Profil Betsy Swastikowati
Menjadi seorang designer adalah impian dari seorang Betsy Swastikowati semenjak masa kanak-kanak. Oleh karenanya, semenjak resign dari salah satu televisi swasta Indonesia sebagai stylist, Betsy memutuskan untuk mengeluarkan fashion line dengan label SAE by. Betsy Swastikowati yang mengkhususkan produknya pada batik tulis dan kebaya. Aktif mengikuti serangkai pameran dan ajang fashion show di Solo dan Jogja, seperti Jogja Fashion Week 2014.



Pada tahun 2015 Betsy mengeluarkan produk ready to wear yang diberi label ’BTSY’. Bulan Agustus 2015, di ajang Jogja Fashion Week 2015, BTSY mengeluarkan koleksi Spring Summer 2016 dengan judul “Nyonyah Pitut Erickson”.

Melalui koleksi Spring Summer 2016 ini, misi BTSY adalah membawa motif tradisional indonesia khususnya batik menjadi motif internasional seperti motif houndstoot. Sehingga semua orang mengerti bahwa motif batik adalah motif yang sangat menarik dan sangat bisa lebih digali. Tentunya dapat dikenakan di banyak kesempatan dan tetap tampil stunning. Betsy ingin menghilangkan pendapat sebagian orang “saya tidak suka pakai batik, karena membuat saya tampil kurang maksimal”. Betsy juga memiliki fashion line kebaya dan batik tradisional yang dikerjakan secara made to order.




Tirana House: Branded Stocklot Boutique
Jl Abu Bakar Ali No 22 Kotabaru Yogyakarta | ph 0274 2923560
email:
tiranayogya@gmail.com | IG/TW @tiranahouse
FB Tirana House








Post a Comment