Tuesday, September 29, 2015

Fakta Sejarah LEVI STRAUSS


Baca juga:
* Di Balik Selubung Image Jeans - http://nunukambarwati.blogspot.co.id/2015/09/di-balik-selubung-image-jeans_49.html
* Jeans - http://nunukambarwati.blogspot.co.id/2015/10/jeans.html


1853     Levi Strauss tiba di San Fransisco membuka bisnis tekstil dan menjualnya secara eceran di Amerika bagian barat.


1872     Jacob Davis, seorang penjahit dari Neveda menulis surat pada Levi Strauss. Ia bercerita tentang penemuannya yaitu membuat saku celana panjang pria dengan cara dipaku. Ia pun mengusulkan Levi Strauss untuk bekerjasama guna memperoleh hak paten bagi penemunya.


1873     Tanggal 20 Mei, Levi Strauss dan Jacob Davis memperoleh hak paten untuk penemuan mereka – yaitu proses memaku saku di celana panjang pria. Celana panjang ini disebut “waist overall” yang memiliki satu saku belakang. Denim sebagai pakaian kerja berasal dari Amoskeag Mill di New Hampshire. Pada pertengahan tahun 1970an dua pabrik di buka di San Fransisco untuk membuat pakaian kerja dengan paku tembaga.


1886     Simbol dua kuda yang terbuat dari kulit digunakan pertama kali untuk celana panjang kerja.


1890     Levi Strauss 501 merupakan salah satu produk paling terkenal.


1902     Levi Strauss meninggal dunia pada usia 72 tahun. Overall kini memiliki dua saku belakang.


1906     Gempa bumi yang melanda San Fransisco telah menghancurkan pabrik Levi Strauss. Lalu di tahun yang sama, dibangun pabrik baru di 250 Valencia Street San Fransisco.


1915     “Waist Overall” memenangkan penghargaan tertinggi di pameran internasional Panama-Pasifik di San Fransisco. LS & CO mulai membeli 9 oz denim dari Cone Mills di Carolina Utara.


1922     Desain overall kini ditambah ikat pinggang, tetapi kancing bretel tetap dipertahankan.


1936     Lambang Levi’s ® untuk pertama kalinya diletakkan di bagian kanan belakang saku.


1937     Saku belakang pada waist overall dijahit sehingga menutupi paku. Ide ini berdasarkan keluhan konsumen yang mengatakan paku tersebut sering menggores kursi dan meja. Pada perang dunia II, desain waist overall telah dirubah sesuai ketentuan “produksi perang” yang mengkonservasi bahan baku. Misalnya paku dihilangkan untuk menyelamatkan bahan metal.


1954     Ritsleting pada waist overall mulai diperkenalkan.


1960     Dalam iklan, kata “overall” diubah dengan kata “jeans”.


1963     Levi’s® jeans ketat mulai diperkenalkan.


1964     Jeans dikoleksi oleh Institusi Smithsonian di Washington DC.


1966     Iklan televisi Levi’s ® jeans untuk pertama kali ditayangkan.


1967     Paku dihilangkan dari saku belakang.


1981     Levi’s® 501® untuk wanita mulai diperkenalkan dengan penayangan iklan televise yang terkenal dengan sebutan “Travis”.


1983     Cone Mills mulai memperkenalkan xxx denim melalui penggunaan 60 perkakas tenun yang besar.


1984     Iklan televisi “Levi’s® Blues” ditayangkan pada Olimpiade di Los Angeles, Amerika.


1985     LS&CO memperoleh penghargaan iklan dan media dari “New York State Office of Advocates for the Disabled”. Penghargaan ini diberikan karena iklan “Levi’s® Blues” menghadirkan gambaran positif mengenai orang-orang cacat.


1986     Iklan televise “Levi’s® Blues” yang sangat inovatif ditayangkan di Eropa. Iklan ini berhasil meracik musik rock Amerika klasik dengan nostalgia dan romantic.


1993     Levi Strauss & Co mensponsori program “Send them home search”, yaitu sebuah lomba untuk memperoleh sepasang jeans Levi’s® tertua di Amerika. Lomba ini dimenangkan oleh orang yang berhasil memperoleh jenas Levi’s® tahun 1920.


Sumber: Majalah [aikon!] media alternatif, edisi 96, November 1998, halaman 8.
Post a Comment