Wednesday, July 01, 2015

Pakaian Tepat untuk Bekerja

Kemeja Esprit @TiranaHouse
Tumbuhkan rasa percaya diri lewat busana kerja yang smart.

Memilih pakaian yang tepat tak jarang jadi problem sendiri di pagi hari. Bagaimana tidak, begitu banyak gaya dan jenis busana yang ada, tetapi Anda tidak bisa menentukan pilihan. Solusinya, KISS atau Keep It Simple and Sophisticated! Pakaian memegang peranan penting untuk menumbuhkan rasa percaya diri. Karena itu, sesuaikan pakaian yang Anda kenakan dengan aktifitas yang akan Anda jalani. Agar lebih mudah, simak tips beberapa warna pakaian yang wajib Anda miliki: navy blue, hitam, putih, charcoal grey, khaki.

Warna-warna pokok ini sebaiknya Anda miliki untuk setelan kerja, dan cocok untuk acara formal dan casual. Sebaiknaya, pilih setelan berwarna netral lebih dulu. Baru setelah itu tambahkan warna cerah atau terang sebagai pelengkap.

Misalnya, pilih celana panjang dan blazer berwarna charcoal, padukan dengan kemeja warna cerah, dasi atau scraf yang serasi. Hal ini jauh lebih mudah daripada harus memberi aksesori pada setelan berwarna dasar cerah. Dijamin Anda tidak perlu membongkar lemari di pagi hari, dan terlambat datang ke kantor!

Ada beberapa petunjuk praktis dalam memilih pakaian kerja Anda:
* Untuk tampil formal dan elegan, pilih setelan dasar ini: Sebuah suit navy blue berbahan dasar wool, atau suit charcoal berbahan sama, kemeja putih, sepasang sepatu hitam bermodel resmi, ikat pinggang, dan tas kulit berwarna hitam.

* Untuk tampil casual atau santai, pilih setelan dasar ini: Celana atau skrit berwarna khaki, kemeja putih, sepasang sepatu berwarna hitam atau coklat, tambahkan ikat pinggang yang senada, sebuah tas berbahan kulit atau ballistic nylon warna hitam dan coklat.

* Tambahkan sentuhan pribadi Anda yang sesuai dengan 'gaya' perusahaan tempat Anda bekerja.

* Tentu Anda tidak perlu mengikuti aturan di atas secara kaku. Hanya perlu Anda ingat, memilih pakaian berkualitas baik dan berwarna netral membantu menumbuhkan citra diri, hingga dapat mengurangi rasa cemas dan membangkitkan rasa percaya diri Anda.


Kemeja Lisa Jo +Tirana House 

Kemeja Lisa Jo +Tirana House 

Setiap bidang dan profesi biasanya punya aturan berbeda untuk urusan dress code. Bila Anda bekerja sebagai pengacara, dokter atau bankir, sebaiknya pilih setelan formal seperti gaya klien yang akan Anda hadapi. Untuk profesi lain, Anda memang bisa lebih bebas mengenakan busana sesuai keinginan dan kepribadian. Yang penting, jaga selalu kerapihan dan kesopanan Anda.

Beberapa dress code tersendiri, dan biasanya sudah diatur dalam dokumen resmi bagian sumber daya manusia. Minta salinanya dan pahami aturan berbusana di tempat kerja Anda. Biasanya aturan berbusana tidak disebutkan secara detail, tetapi lebih dipengaruhi oleh kebiasaan berbusana para pelaku bisnis ini sehari-harinya.

Sebetulnya Anda tak perlu bingung menghadapinya, cukup perhatikan dan sesuaikan diri Anda dengan kebiasaan berbusana lingkungan, terutama dengan atasan. Meski atasan Anda seorang pria, perhatikan gaya busana kerjanaya sehari-hari. Sesuaikan busana Anda sesuai dengan style-nya. Bila atasan selalu mengenakan suits, mungkin Anda perlu membeli satu atau dua pasang setelan formal. Tidak perlu match dengan busana atasan, tetapi jangan terlalu berlawanan!

Meski menyesuaikan kondisi, sebaiknya hindari cara berbusana yang melebihi busana atasan! Jangan sampai atasan Anda menjuluki Anda 'si mewah'.


Sumber: Career Handbook. Terbitan Cosmopolitan Indonesia.







Post a Comment